Kamis, 01 Maret 2012

INPUT DAN OUTPUT DEVICE

1.input device dan output device

alat input mencakup keyboard, layar sentuh, scanner, mouse, pemindai. Alat-alat tersebut memindai data ke dalam bentuk elektronik dengan entri langsung atau melalui jaringan telekomunikasi ke sistem komputer. Output  adalah alat-alat  untuk mengubah informasi elektronik yang dihasilkan oleh sisitem komputer menjadi bentuk yang dapat dipresentasikan ke pemakai akhir.
Yang termasuk input device dan output device adalah :

a. Papan ketik/keyboard


Sebuah papan ketik.
Papan ketik (keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan hurufangka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh 343rfedvgdgfgfdgfdvfdsfdfdvfedefevrrrrbgrbrrgkomputer.
Papan ketik / keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan hurufangka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.
Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.

b. Mouse
Mouse komputer adalah suatu benda yang dicolokkan ke dalam lubang di belakang komputer Anda dan digunakan sebagai penunjuk dan peng-klik dalam menggunakan komputer.


c. Trackball
Trackball adalah peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada mouse modern. Bola jejak menyimulasikan pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan mouse berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.


d. Touchpad
Touchpad, adalah peralatan pointing yang bentuknya kotak, kecil, dan datar yang sensitive terhadap tekanan dan gerakan. Biasanya touchpad ada pada notebook bukan pada PC. Touchpad merupakan kursor sentuh / mouse sentuh.

e. Scanner
Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.

f. Touchscreen
Layar sentuh atau dalam bahasa Inggris touch screentouch panel atau touch screen panel adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digitalAntarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.



g. Monitor
Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari sebuah perangkat komputer. Sebagai media output monitor mempunyai arti penting sebagaimana perangkat-perangkat komputer lainnya. Semuanya merupakan unit-unit penting dalam sebuah sistem komputer yang bila salah satunya tiada maka sistem tidak akan bisa bekerja.



h. Speaker
Speaker adalah pengeras suara berupa hardware pada komputer.
i. Printer
Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari trayTray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-headprinter tersebut.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.
j .Infocus
insocus adalah kontruksi teknik pada peralatan yang digunakan sebagai media interaksi manusia dan komputer yang mempunyai fungsi sama dengan monitor.


k. Plotter
Plotter adalah jenis hardware yang memiliki fungsi sama dengan printer,hanya plotter digunakan untuk mencetak dengan ukuran besar. Berdbeda dengan pronter yang mencetak dalam ukuran kecil.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar